Minggu, 29 Maret 2009

Tutorial ARCView (Fungsi Legend Type)

Pada tutorial ini saya akan menjelaskan tentang beberapa Tool Legend Editor yang ada pada program GIS yaitu ARCView :

  1. Masukkan beberapa theme ke dalam ARCView, kemudian centang salah satu atau beberapa theme yang ada di dalam View, misalkan theme country, cities, rivers, dan lain-lain.

Setelah di centang, maka tampilannya akan seperti berikut :

2. Jika kita ingin membuka/mengedit Legend Editor, ada dua langkah yang bisa kita lakukan:

  • Langkah ke satu, misalnya kita akan mengedit sebuah theme yaitu country. Lakukan double klik pada theme tersebut yaitu country.shp, maka akan muncul sebuah kotak dialag seperti gambar dibawah ini :

Setelah muncul kotak dialog tersebut, ada beberapa kategori yang terdapat pada Legend Type (Single symbol, Graduated color, Graduated symbol, Unique value, Chart dan Dot ).

  • Langkah ke dua yaitu, klik perintah theme yang ada di atas, kemudian klik Edit Legend, seperti tampilan dibawah ini, untuk langkah selanjutnya sama seperti pada langkah 1 :

  • Singel symbol : Adalah suatu teknik dari legend type dimana hanya mengidentifikasi suatu objek hanya dengan satu simbol saja atau dengan satu warna saja, seperti di bawah ini :

Dan jika kita Apply, maka akan menjadi seperti berikut :

  • Graduated Color : Adalah suatu teknik dari legend type dimana semua informasi di identifikasi dengan warna, yaitu dari warna cerah ke gelap dimana itu merupakan sebuah klasifikasi dari tingkatan terendah ke tingkatan yang lebih tinggi, terlihat ada beberapa Color Ramp yang harus kita inputkan. Misalnya saja kita memilih Red Monochromatic, maka output yang akan dikeluarkan adalah :

Dan jika kita Apply, maka akan menjadi seperti berikut :

Hal ini menujukkan bahwa tingkat populasi dengan jenis kelamin perempuan di tiap kota berbeda-beda dengan criteria yang telah ada. Sehingga hal ini memudahkan kita untuk mengumpulakan data berapa besarnya penduduk perempuan yang tinggal disetiap kota.


  • Graduate Symbol : Adalah suatu teknik dari legend type yang sistem nya hampir sama dengan graduated color, hanya saja disini menggunakan simbol untuk membedakan jenis atau ukuran kepadatan suatu objek, jadi semakin kecil simbol maka semakin kecil pula informasi dari objek tersebut dan kebalikannya.

  • Unique Value : Adalah suatu teknik dari legend type dimana semua informasi yang ada pada suatu tempat dapat di munculkan berdasarkan kebutuahan pengguna, jadi dengan teknik unique value ini informasi yang kita dapat lebih detail. Yang berikutnya adalah Legend Type Unique Value, Apabila kita memilih Unique Value, maka kota yang terdapat dalam peta akan seragam sesuai dengan abjad A-Z, seperti gambar berikut :

Ini menujukkan bahwa pada setiap Negara bagian terdapat beberapa kota dengan struktur warna yang berbeda pula.

  • Dot : Adalah suatu teknik dari legend type dimana kita dapat mengklasifikasikan objek berdasarkan dengan titik, dimana titik-titik tersebut merupakan perbandingan antara jumlah objek yang ingin kita ketahui. Misalkan kita ingin mengetahui kepadatan populasi pada tiap-tiap propinsi,seperti dibawah ini kepadatan laki-laki di setiap propinsi adalah 1 : 90.000.000.000, jadi 1 titik atau dot mewakili dari 90.000.000.000 orang yang sebenarnya. Teknik ini hanya bisa dilakukan pada state.shp dan lake.shp. Legend Type Dot, Fungsi Dot adalah untuk mengcalculasikan titik Density field dan Normalize by yang berada di area gambar, seperti gambar berikut :

Dan jika kita Apply, maka akan menjadi seperti berikut :


  • Chart : Adalah suatu teknik dari legend type dimana kita dapat mengklasifikasikan objek berdasarkan kebutuhan, misalkan kita ingin mengetahui berapa perbandingan jumlah laki-laki dengan perempuan, atau juga populasi di suatu kota atau propinsi, atau panjangnya suatu jalan. Legend Type Chart, fungsi chart adalah untuk memberikan tanda pada area yang ada di gambar dan mengganti background menjadi satu warna, seperti berikut :

Dan jika kita Apply, maka akan menjadi seperti berikut :

Demikian beberapa langkah-langkah pengoperasian Legend Editor yang ada pada ARCView, selamat mencoba dan perdalam lagi ilmu kita tentang ARCView.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar